9 Tips dalam Membeli RAM

Tips Membeli Ram ~ Random Acces Memory atau yang biasa disebut dengan RAM merupakan salah satu perangkat yang  terdapat pada sebuah computer ataupun  gadget dimana dapat digunakan untuk mengakses memori secara acak dengan cepat.

Bagi Anda yang sering menggunakan Gadget atau selalu up to date dengan perkembangan dari gadget, mungkin tidak asing lagi dengan perangkat yang satu ini.

Tips Membeli RAM

Biasanya, RAM juga disebut sebagai memori utama yang ada pada suatu perangkat. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh perangkat yang satu ini ialah kecepatannya yang dapat digunakan untuk mengakses data secara acak dan membuatnya lebih cepat untuk menampilkan data.

Selain itu, RAM juga dapat digunakan untuk menyimpan data dalam kurun waktu sementara selama perangkat tersebut masih menyala dna data belum sempat tersimpan di dalam harddisk.

Hal ini juga dapat dikatakan bahwa RAM merupakan sebuah perangkat memori yang paling cepat yang ada di suatu computer jika dibandingkan dengan Harddisk atau HDD dan SSD. Namun, satu hal yang membedakan RAM dengan perangkat yang lainnya adalah proses penyimpanan dari perangkat memori yang satu ini.

Dimana RAM hanya dapat menyimpan data dalam kurun waktu sementara dan akan hilang ketika perangkat tersebut dimatikan.  Selain itu, untuk bisa mengakses data yang ada pada RAM, Anda tidak memerlukan waktu untuk menunggu atau yang disebut dengan lag time.

Jadi, semakin besar kapasitas RAM yang ada pada sebuah gadget maka, semakin cepat pula data ataupun memori yang ada di suatu program dapat diakses.

Fungsi dari RAM itu sendiri ialah digunakan untuk membaca data dan juga sebagai penyimpanan sementara. Maksud dari dapat digunakan untuk membaca data ialah RAM akan membaca serta menyimpan secara sementara file ataupun  data yang pertama kali dibuka. Bahkan dengan kemampuan membacanya, hal tersebut ternyata  mampu mengalahkan SSD atau Solid State Drive yang dikenal dapat membaca dan menulis data dengan sangat cepat.

Selain itu, RAM juga dapat digunakan sebagai penyimpanan sementara. Hal ini bertujuan agar program dapat dijalankan dengan lebih cepat serta lebih responsive. Walaupun demikian, data yang disimpan sementara itu akan hilang apabila computer mati.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk menyimpan data secara berkala apabila tiba-tiba terjadi masalah yang tidak diinginkan seperti mati lampu. Menyimpan data kembali secara permanen dilakukan untuk menghindari kehilangan data yang hilang karena computer mati.

Ternyata, tidak semua jenis dari RAM yang ada tidaklah sama. Hal ini bergantung pada setiap sistem dari masing-masing computer. Oleh sebab itu, Anda akan menemukan banyak sekali varian RAM yang ada di pasaran. Nah, pastinya hal ini akan membuat Anda merasa kebingungan bagaimana harus memilih RAM yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli RAM ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dengan baik.

Berikut ini akan diberikan beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebelum Anda membeli RAM dengan kualitas yang tinggi dan sesuai dengan memperhatikan dan mengenali sistem computer yang Anda miliki.

Membeli RAM untuk digunakan di PC atau Laptop?

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli RAM ialah dengan memperhatikan perangkat yang Anda gunakan. Apabila Anda menggunakan laptop maka jenis RAM  yang sangat disarankan yaitu SODIMM / SO-DIMM. Namun, apabila Anda menggunakan pc maka Anda harus menggunakan RAM dengan tipe DIMM / LODIMM / LO-DIMM.

Menggunakan DDR3 atau DDR3L atau DDR4?

Nah, untuk memastikan bahwa RAM yang Anda gunakan itu DDR3, DDR3L atau DDR4 Anda bisa mengeceknya dengan menggunakan socket yang ada di motherboard.

Untuk memastikan socket tersebut, Anda bisa menggunakan mesin pencari Google dengan mengetik “Specification (merk tipe motherboard milik Anda)” atau “Specification (merk dari jenis laptop)”.

Untuk DDR3 dan DDR3L rupanya keduanya memiliki socket yang sama. Yang mana DDR3L merupakan pembaharuan dari DDR3 yang menggunakan voltase lebih rendah sekitar 1.35V. Namun, DDR3 ini rupanya memiliki kemampuan backward compability yang dapat dipasang ke DDR3.

Perhatikan kapasitas RAM

Semakin besar kapasitas suatu RAM, maka semakin bagus pula kualitas yang dimilikinya. Saat ini kapasitas minimum suatu RAM untuk menjalankan berbagai macam software adalah 8 GB.

Untuk mengetahui nilai maksimal dari suatu RAM, Anda bisa mencarinya di Google. Untuk Intel, Anda bisa mengetik “Ark (tipe prosesor)”.

Perhatikan dengan baik kecepatan RAM yang dimiliki

Nah, untuk mengecek kecepatan dari suatu RAM, Anda harus mengecek motherboard terlebih dahulu. Akan tetapi kali ini yang akan Anda cek adalah bagian memory controllernya.

Untuk bisa memastikannya, Anda harus search Google dengan mengetik “Specification (merk tipe motherboard) atau dengan “Specificatino (merk jenis laptop).

Timing RAM

Untuk timing RAM itu sendiri sebenarnya tidak ada yang perlu untuk nda perhatikan.  Untuk bisa mendapatkan sebuah timing RAM yang baik, terlebih dahulu Anda harus bisa memiliki RAM dengan kecepatan tinggi dan timing yang kecil.

Merk apa yang lebih bagus?

Saat ini, sudah banyak terjual berbagai macam merk RAM  yang ada di pasaran dan dapat Anda pilih sendiri sesuai dengan kebutuhan. Tentunya, RAM yang memiliki kualitas tinggi dijual dengan harga yang mahal dan tinggi, hal tersebut pastinya sebanding dengan performa yang dimilikinya.

Namun, apabila Anda memiliki budget yang pas-pasan, Anda dapat membeli RAM yang tidak terlalu mahal. Namun, walaupun demikian Anda juga harus mempertimbangkan kualitas yang dimilikinya agar tidak bermasalah di kemudian hari.

Apakah penting memiliki fitur Heatsink?

Sebenarnya, ada atau tidaknya fitur Heatsink yang ada pada sebuah RAM bukanlah menjadi hal yang penting. Hal ini karena sekarang sudah banyak tersedia RAM dengan garansi seumur hidup dan dapat Anda garansikan kapan saja apabila rusak asalkan sticker tidak rusak dan RAM tidak mengalami cacat fisik.

Fitur RGB

Sebenarnya fitur yang satu ini hanya digunakan untuk estetika saja. Jadi, tidak wajib bagi Anda untuk mempertimbangkan ada atau tidaknya fitur yang satu ini saat Anda akan membeli sebuah RAM.

Apakah Anda membutuhkan RAM yang special?

RAM special rupanya dibuat dengan menggunakan chip yang telah melalui uji kompabilitas oleh para platform pada overclocker tertentu.

Beli RAM Komputer

Contoh dari RAM special yang satu ini ialah G Skill Trident X yang telah dioptimalkan secara khusus untuk platform Intel X99. Selain itu, ada G Skill Flare X yang juga telah dioptimalkan secara khusus untuk platform Ryzen.

Beberapa hal diatas merupakan poin-poin yang harus Anda perhatikan sebelum membeli RAM. Saat ini, sudah tersedia banyak sekali jenis RAM yang ada di pasaran yang tentunya memiliki spesifikasi dan kelebihan masing-masing. Nah, dengan memperhatikan beberapa poin di atas, hal tersebut dapat membantu Anda untuk membeli RAM yang berkualitas.