Apa itu Rekber/ Rekening Bersama ?

Apabila Anda sering berkunjung ke kaskus.co.id atau lebih spesifik ke FJB Kaskus, mungkin istilah rekber alias Rekening Bersama sudah biasa terdengar di telinga Anda. Betul atau kurang tepat? Mungkin benar ya. 🙂

Beberapa ada yang sudah tahu rekber akan tetapi belum tahu pengertiannya secara spesifik maupun bagiamana penggunaannya atau sistem kerjanya. Nah biar penjelasan saya nggak ngarul ngidul nggak jelas arahnya, saya jelaskan bagaiamana dan apa rekber itu dari awal. Yuk disimak ya.

Rekber Rekening Bersama

Source : Kaskus

Pengertian Rekber

Rekber adalah kependekan dari istilah Rekening Bersama. Yap Rekening bersama yang dimaksud bukanlah rekening yang bisa di pakai bersama-sama alias satu rekening semua orang tahu passwordnya, bukan-bukan. Indahnya dunia kalau seperti itu, orang lain nabung, kita yang menikmati uangnya :v :anjirr

Maksudnya disini, Rekening Bersama adalah pihak ketiga yang membantu proses jual beli online. Pembeli tidak perlu takut jika barang yang sampai tidak sesuai, rusak bahkan tidak sampai. Dan penjual juga akan terhindar dari kecurigaan pembeli yang keseringan terkena phobia takut ditipu.

Di kaskus sendiri, terdapat banyak sekali rekber antara lain:

  1. Sankbank
  2. Piggybank
  3. Blackpanda

Saya pribadi cuma pernah menggunakan jasa dari rekber piggybank, itupun cuma ngebantu temen beli barang di FJB kaskus. Kalo beli barang untuk konsumsi pribadi sih belum pernah pake rekber di kaskus, kalau di luar pernah sih kayak di tokopedia tuh. Eh kalau tokopedia bisa disebut rekber gak sih? (balik tanyak)

Cara Penggunaan/ Sistem Kerja Rekber

Untuk Anda yang ingin menggunakan rekber, sebenarnya simple banget dalam penggunaan. Pertama hubungi dahulu rekbernya.

Nanti bakal disuruh transfer uang ke rekening rekbernya, nah tansfer aja tuh setelah itu bakal disuruh post di threadnya, gitu sih biasanya kalo pake rekber di kaskus, klo bingung baca aja rulesnya, gampang kok kalo kalian sering ngaskus. Serius deh.

Setelah itu biarin aja rekbernya ngontak sellernya bahwa uang sudah ditransfer dan diterima dengan baik, nah barang bakal di proses dan dikirim deh oleh sellernya ke rumah Anda.

Tunggu sampai barangnya sampai dan segera kontak rekbernya bahwa barang sudah sampai dengan selamat (jika barang tidak sesuai silahkan komplin ke sellernya ya). Jika sudah di konfirmasi barang diterima dengan baik dan benar maka pihak rekber akan mentransfer uang itu kepada sellernya.

Itulah gambaran umum sistem kerja dari rekber terutama rekber di kaskus, kalo rekber di luar kaskus sih belum pernah coba. Sistem kerjanya pasti sama, cuma mungkin beda prosesnya saja.

Keuntungan Rekening Bersama

Kalau kalian pakai rekber tentu banyak sekali keuntungan yang bakal di dapet, biar lebih rapi nih artikel, saya urutin ya beberapa keuntungan menggunakan rekber sepengetahuan saya. Maaf jika salah namanya juga manusia.

  1. Meminimalisir proses penipuan oleh para seller
  2. Menambah rasa trust terhadap seller, kalo seller berani pake rekber biasanya orang akan lebih percaya.
  3. Bisa menjadi saksi proses jual beli yang terjadi.

Hmm, ada lagi? Yuk tulis di komen kalo ada yang tahu!!!

Namun dibalik keuntungan tersebut, tentu ada juga kerugian menggunakan rekber. Mau tahu apa mau banget? Kerugiannya mungkin seperti berikut ini

  1. Harga barang jadi mahal karna kena ongkos rekber lagi, walaupun gak mahal sih cuma kan lumayan buat beli gorengan. Betul?
  2. Agak ribet.

Ada yang tahu lagi jeleknya kalo pake rekber? Yuk tulis di komen!!!