Cara Screenshot Browser Menggunakan Lightshot

Oke kali ini Saya mau share cara screenshot menggunakan lightshot, hehe sepertinya udah lama gak berbagi tips & trik di blog ini. Terakhir kali cuma share cara download video di youtube dan baru tak cek itu artikel di publish sekitar bulan Juni, wow lumayan lama ya sekitar 6 bulan-an lah kurang lebihnya.

Oke kali ini Saya mau berbagi cara screenshot di web browser ya, bukan pada desktop di komputer ataupun di laptop masing-masing. Kalo di desktop pake tombol prtsc-sysrq aja kelar. Tinggal di paste aja. Jangan bilang belum tahu yang mana tombol prtsc-sysrq ya. Kalo beneran belum tahu silahkan di googling aja yak ato klik aja ini. OK kan?

Kenapa menggunakan lightshot untuk screenshot? kan klo tombol itu bisa? itu yang mana? itu yang tombol prtsc-sysrq itu lo. Oh iya bener juga ya, hmmmm. Eits tapi ada kelebihannya lo menurutku klo screenshot browser di komputer Anda dengan lightshot. Berikut Saya beberkan dah beberapa kelebihannya, sepanjang menggunakannya.

  1. Bisa di atur mau ambil area yang mana aja. Enak kan, asal jangan ambil area yang terlarang ya.
  2. Bisa langsung di upload di servernya Lightshot jadi enak klo perlu gambar ini bisa diakses kembali lo
  3. Bisa langsung di share ke media sosial temen-temen, hanya saja baru support 4 media sosial aja sih, yaitu facebook, twitter,pinterest, dan VK. Jujur media sosial terakhir ini rada-rada terdengar baru sekali di telinga Saya.
  4. Ketika Anda screenshot gambar menggunakan Lightshot, Anda juga bisa langsung mencari gambar yang mirip-mirip dengan hasil screenshot tersebut di google. Iya tinggal klik doang, gak usah ribet isi upload sana-sini.
  5. Bisa langsung di print
  6. Bisa di edit secara sederhana, langsung tanpa buka aplikasi lainnya seperti adobe photoshop ataupun paint.
  7. Bisa di copy, nah yang ini belum pernah testing. Bukan belum pernah sih, cuma ketika pertama kali di test eh malah error alias gk bisa. Mungkin logikanya ini hasil screenshot bisa di copy dan ntar di paste sesuai tempat yang kita mau. Mungkin ya, cuma baru hipotesis belaka.

Nah itulah kelebihan dari Lightshot. Cukup banyak bukan? Lightshot gituloh… Nah untuk kelemahan menggunakan tombol prtsc-sysrq adalah Anda wajib untuk mepaste hasilnya di paint, adobe photoshop ato sejenisnya

Oke sekarang Saya mau share tata cara screenshot menggunakan Lightshot di komputer ataupun laptop Anda. Pertama-tama silahkan download dahulu Lightshot ini. Oh iya sebelumnya Saya mau menginformasikan bahwa Lightshot ini berupa Adds-ons. Kalo yang belum tahu Adds-on itu apa silahkan klik disini.

Ok silahkan download Lightshot disini, ikuti aja step-by-stepnya sehingga di web browser Anda ada logo seperti ini.

Icon Screenshot Lightshot

Nah sudah muncul kan? berarti Anda sudah selesai di langkah pertama yaitu menginstallnya. Untuk menggunakannya, silahkan buka halaman yang ingin Anda screenshot, misalnya seperti contoh di bawah Saya mau meng-screenshot hasil pencarian google. Klik logo lightshot tersebut dan seleksi area sesuai keinginan Anda, area mana yang ingin di ambil atau di screenshot.

Cara Screenshot Komputer

Jika sudah selesai memilih area yang akan di ambil gambarnya, selanjutnya kita akan melakukan apa, terhadap hasil tersebut. Udah lihat kan pilihan tombolnya banyak banget? Mau aksi mana yang kalian inginkan?

Saya jelaskan dari yang sisi samping kanan ya, itu semua berfungsi untuk melakukan editing terhadap hasil screenshot tersebut. Anda bisa coba satu-satu ya, sambil belajar juga. Jadi gak usah Saya jelaskan deh.

Nah lanjut kita menuju area bawah dan Saya jelaskan dari kiri ke kanan ya. Pertama itu fungsinya untuk upload gambar ke servernya lightshot. Yang kedua itu fungsinya untuk berbagi ke media sosial. Yang ketiga berfungsi untuk menemukan gambar yang mirip di google terhadap hasil screenshot yang Anda ambil. Yang keempat itu untuk nge-print langsung hasil screenshot tersebut. Yang kelimat untuk copy, yang seperti Saya bilang tadi, Saya gagal untuk mencobanya. Yang keenam itu untuk menyimpannya di komputer Anda masing-masing. Dan yang terakhir adalah untuk mebatalkan rencana Anda untuk mengambil hasil seleksi area tersebut alias bahasa kerennya di-close

Nah itu saja sih yang dapat Saya jelaskan, tentang cara screenshot di menggunakan lightshot, capek nih tangan nulis. Ada yang terlewatkan? Ok semoga membantu Anda semua dalam aktivitas sehari-hari. Terimakasih sudah membaca.