Delete File Tanpa Konfirmasi di Windows 8 !!!

Berhubung laptop baru dibeli, dimana menggunakan windows 8, tapi sebenernya gak pengen windows 8 sih pakai Osx apa biar enakan pakainya. Keinginan sama uang memang gak setara jadinya laptop sesuai budget aja deh *ngelus dada tapi tetep bersyukur.

Nah berhubung ketika ngutak atik laptop dalam artian bukan di lepas bautnya terus dipreteli tapi buka file, nyarik mana menu shutdownnya dan sampai ke hal yang mainstream banget yaitu delete file. Pas delete file ada sedikit beda dari biasanya yang saya rasakan, yaitu pas teken tombol “delete“,  file langsung saja dipindahkan ke recycle bin tanpa konfirmasi atau notifikasi.

Yang begini nih sedikit tak takutin, kalo misalnya lagi di dalem folder yang isinya data – data penting dan seketika salah pencet tombol yaitu menekan tombol “delete” tanpa disadari, tahukan apa yang akan terjadi ? yap bener file penting tersebut akan terhapus tanpa sepengetahuan saya. Apalagi aku ini rajin sekali membersikan recycle bin. Berabe deh urusannya.

Yang jadi pertanyaan sekarang apakah windows 8 settingan defaultnya memang tidak memberikan notifikasi atau mungkin dirubah saat di toko komputer yang saya beli. Mungkin ada yang tahu ? maklum saya baru ngerasaain suasana dari windows 8.

Karena merasa kurang nyaman akibat hilangnya notifikasi ketika mendelete file, aku segera tanyak sama paman google, sepertinya dia bisa bantu deh. Baru diketikkan “memunculkan notifikasi delete di windows 8“, muncullah kayak dibawah ini (sorry cuma nampilin 3 web doang).

notifikasi delete file

 

trus tak bukak yang pertama, wuih udah lengkap disana jadi gak perlu bukak web yang kedua apalagi yang ketika (tapi yang ketiga sepertinya gak sesuai sama yang kriteria deh)

Caranya begini “klik kanan” di icon “recycle bin“nya trus pilih “properties” sehingga akan tampil seperti ini, centang dah yang di garis item biar isi notifikasinya (maaf garisnya gak lurus, soalnya hidup itu naik turun bro)

notifikasi delete file

centang yang dilingkarin, kalo mau diisiin notifikasi, kalo tidak ya gak usah

Oke mudah – mudahan temen lain terbantu ya dengan apa yang tak bagikan ini, kalo untuk windows xp sama windows 7 kemungkinan sama sih, tapi belum dapet nyobak. Kalo penasaran cobak sendiri gih. Semoga berhasil 🙂