Hardiknas dan Hari Raya Saraswati

Hari ini tanggal 2 Mei 2015, ada yang spesial ? tentu hari ini kan Hari Pendidikan Nasional atau biasanya lebih dikenal dengan singkatan Hardiknas. Tanggal 2 mei merupakan hari kelahiran Ki Hajar Dewantara yang dimana Beliau merupakan pelopor pendidikan bagi kaum pribumi pada masa penjajahan. Salah satu slogan Beliau yang terkenal adalah “Tut Wuri Handayani“. Dulu orang sulit mendapatkan pendidikan, sekarang ketika sudah dipermudah banyak yang menyia – nyiakannya. Oh iya bagi pelajar kalian libur sekarang ya, kalau gak libur berarti upacara bendera, intinya gak belajar. Tapi semangat belajar harus tetap ada ya. Anyway bahkan google pun ikut merayakan Hari Pendidikan Nasional. Gak percaya cek aja https://www.google.co.id.

Hari Pendidikan Nasional

Nah selain hari ini adalah Hardiknas, kebetulan sekali sekarang juga Hari Raya Saraswati. Bagi umat non Hindu dan umat yang tidak tinggal di Bali mungkin rata – rata tidak tahu dan belum pernah mendengarnya. Yap Hari Raya Saraswati merupakan hari turunnya ilmu pengetahuan bagi umat Hindu. Sang Hyang Aji Saraswati adalah Dewinya ilmu pengetahuan dalam ajaran Hindu sehingga akan melakukan persembahyangan bersama di sekolah, dikampus dan sektor pendidikan lainnya. Dan mebanten di buku – buku yang memberikan kita ilmu pengetahuan.

Hardiknas dan Hari Raya Saraswati kebetulan sekali berbarengan dimana memang kedua perayaan tersebut untuk mengapresiasi sebuah ilmu pengetahuan/ pendidikan. Tanpa ilmu pengetahuan manusia itu bakal bodoh. Semoga dengan berbarengan hari yang bermakna ini, pendidikan di Indonesia bisa jauh lebih baik dari hari ini bahkan mungkin menjadi baik, namun tidak hanya di Indonesia saja, semoga diseluruh dunia. Astungkara. Terimakasih.