Ingin Melahirkan Dengan BPJS Kesehatan, Begini Prosedur Dan Caranya

            Melahirkan Dengan BPJS KesehatanSetiap keluarga pasti sangat menantikan moment ketika proses kelahiran sang buah hati. Menjelang proses kelahiran berlangsung tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya yaitu biaya menjelang proses melahirkan. Biaya yang dibutuhkan terkadang tidak sedikit, semua tergantung kondisi janin dalam kandungan. Jika ada indikasi medis terkait kondisi janin yang tidak memungkinkan untuk lahir secara normal, maka jalan operasi ceasar tidak terhindarkan. Disaat seperti itulah kita dapat memanfaatkan program pemerintah yaitu BPJS Kesehatan. Bagaimana prosedur dan cara penggunaanya akan saya jelaskan lebih lanjut dalam artikel ini.

melahirkan dengan bpjs kesehatan

BPJS Kesehatan dapat dipergunakan dalam 2 macam proses persalinan yaitu : persalinan dengan cara normal dan persalinan dengan operasi Caesar. Kedua proses tersebut sama – sama mewajibkan anda terdaftar sebagai anggota BPJS, memiliki kartu anggota dan tidak memiliki tunggakan pembayaran. Berikut prosedur penggunaan BPJS Kesehatan pada kedua proses persalinan tadi :

Persalinan Normal

Bila anda akan melahirkan dengan persalinan normal maka akan ditangani di faskes tingkat 1 (Puskesmas, klinik), namun jika faskes tingkat satu tidak memiliki fasilitas persalinan yang memadai, maka akan dirujuk ke jejaring bidan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Jika keduanya tidak memungkinkan maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit untuk proses persalinan. Biaya melahirkan dengan BPJS Kesehatan adalah sekitar Rp. 600.000.

Persalinan Caesar

Saat ibu hamil harus memerlukan penanganan khusus yang tidak bisa ditangani dengan persalinan normal, maka faskes tingkat 1 wajib memberikan surat rujukan ke rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS agar persalinan dapat dilakukan dengan pembedahan atau operasi Caesar. Biaya yang dibutuhkan untuk melahirkan dengan persalinan Caesar lebih mahal dibandingkan dengan persalinan normal. Kisaran biaya yang harus disiapkan kurang lebih 8 jutaan, tergantung dari fasilitas kesehatan yang digunakan. Mengingat besarnya biaya yang diperlukan saat persalinan secara Caesar, maka BPJS Kesehatan menjadi salah satu solusi untuk dapat meringankan beban biaya. Namun anda tetap harus memenuhi prosedur dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh BPJS Kesehatan. BPJS kesehatan menanggung persalinan Caesar berdasarkan beberapa indikasi medis yang terjadi diantaranya : posisi bayi atau janin sungsang, tali plasenta melilit bayi, ketuban pecah, melewati HPL (Hari perkiraan Lahir), ukuran pinggul bunda terlalu kecil, dan beberapa indikasi medis yang dinyatakan perlu penanganan medis serius.

Jika terjadi kasus terindikasi medis seperti salah satu contoh diatas, maka sebaiknya anda meminta surat rujukan di faskes 1 (puskesmas, klinik) untuk dirujuk ke rumah sakit agar mendapatkan pemeriksaan USG, karena biasanya di faskes 1 hanya memeriksa kesehatan ibu hamil tanpa disertai pemeriksaan USG. Jika anda sudah memiliki surat rujukan, segeralah memeriksakan ibu hamil dan kondisi janin, pemeriksaan pertama akan ditanggung penuh oleh BPJS kesehatan termasuk biaya dokter dan obat. Untuk pemeriksaan kedua dan ketiga anda harus menyiapkan dana sendiri karena BPJS kesehatan hanya menanggung biaya dokter saja tidak termasuk obat dan pemeriksaan USG.

Berikut beberapa syarat yang harus anda persiapkan agar BPJS dapat anda pergunakan dengan maksimal yaitu :

  • Asli dan fotocopy kartu BPJS kesehatan ibu hamil
  • Asli dan fotocopy KTP ibu hami (bias juga dengan surat keterangan e-KTP)
  • Asli dan fotocopy kartu keluarga
  • Surat rujukan dari faskes 1
  • Buku kesehatan / pemeriksaan ibu dan anak

Surat rujukan tidak diperlukan apabila kondisi ibu hamil anggota BPJS dalam keadaan gawat darurat, ibu hamil dapat langsung menuju bagian emergency agar segera mendapatkan penanganan medis dan tetap dalam tanggungan BPJS kesehatan. Aturan ini berlaku untuk persalinan normal maupun Caesar. Jika tidak dalam keadaan gawat darurat maka prosedur penggunaan BPJS sebagai berikut :

  • Datang ke rumah sakit dengan membawa syarat – syarat yang telah lengkap
  • Menuju ke bagian persalinan atau bagian kebidanan, lalu menyerahkan surat rujukan dari faskes 1
  • Setelah itu ibu hamil akan dicek kondisinya, begitu juga dengan kondisi janin dalam kandungan.
  • Pada saat itu keluarga bisa melakukan registrasi di bagian pendaftaran dengan menyerahkan kartu BPJS kesehatan dan syarat – syarat seperti diatas.

Itu tadi prosedur dan cara penggunaan jika ingin melahirkan dengan BPJS Kesehatan pada saat proses melahirkan. BPJS kesehatan sangat membantu dalam mengurangi biaya persalinan yang harus kita keluarkan, apalagi proses persalinan dengan operasi Caesar yang memerlukan biaya cukup mahal. Ayo segera mendaftar di BPJS kesehatan dan dapatkan manfaatnya, sekian artikel ini Terima Kasih.

Tags: