Mengenal Berbagai Jenis Agunan Dalam Pengajuan Kredit

Dalam menjalankan suatu usaha, biasanya para pengusaha akan mengajukan pinjaman berupa pinjaman modal usaha kepada berbagai lembaga keuangan termasuk online. Dalam proses pengajuannya, pihak kreditur umumnya akan menanyakan agunan atau jaminan yang bisa diberikan pihak debitur untuk menjamin pinjaman tersebut. Berikut ini beberapa agunan yang biasanya diberikan debitur saat mengajukan kredit baik melalui jalur konvensional seperti perbankan maupun secara online.

Agunan-Dalam-Pengajuan-Kredit

Jaminan Efek

Agunan berupa efek berarti jaminan pinjaman yang diberikan debitur dalam bentuk surat berharga atau saham. Kredit dengan jaminan efek biasanya dilakukan para investor yang ingin mengembangkan investasinya tanpa harus menambah modal lagi. Dengan memberikan jaminan efek, para debitur dapat tenang karena efek atau surat berharga yang dimilikinya tetap akan menghasilkan sementara pinjaman juga tetap dapat dicairkan.

Jaminan Orang

Tidak hanya barang, agunan atau jaminan yang diberikan debitur saat mengajukan pinjaman juga dapat berupa orang. Namun, jangan sekali-kali untuk mengajukan jaminan orang saat Anda mengajukan pinjaman ke lembaga keuangan konvensional atau secara online karena hal ini tentu tidak akan diperbolehkan. Jaminan orang biasanya hanya dapat dilakukan ketika Anda meminjam secara non formal atau yang bersifat kekeluargaan dan memberikan kepercayaan penuh kepada masing-masing pihak.

Jaminan Barang

Salah satu agunan yang paling umum digunakan saat mengajukan pinjaman modal usaha adalah jaminan barang. Jaminan barang berarti Anda memberikan barang tersebut sebagai jaminan bahwa Anda akan melunasi pinjaman yang Anda ajukan. Jaminan barang bisa berupa barang bergerak seperti kendaraan bermotor, barang tetap seperti rumah, atau logam mulia. Biasanya, dalam menentukan plafon pinjaman, pihak bank akan melihatnya berdasarkan nilai dari jaminan barang yang diberikan.

Jaminan Dokumen

Tidak hanya barang, jaminan lainnya yang dapat digunakan oleh debitur saat akan meminjam uang adalah jaminan dokumen. Agunan berupa dokumen berarti Anda menjaminkan dokumen-dokumen penting sebagai jaminan Anda akan melunasi pinjaman yang Anda ajukan. Berbagai dokumen yang dapat dijadikan jaminan seperti pinjaman dana tunai jaminan BPKB, Sertifikat Tanah, hingga L/C atau Letter of Credit.