Jual Gitar Akustik Murah, dan Cara Dapatkan Gitar Harga Murah yang Bagus

Gitar merupakan alat musik yang paling populer dan banyak dimainkan oleh banyak orang. Ada beragam jenis gitar yang ada dipasaran, tetapi yang paling populer adalah gitar akustik. Gitar jenis akustik lebih mudah dibawa kemana-mana sehingga sangat praktis tanpa perlu untuk dicolok listrik terlebih dahulu untuk digunakan. Gitar akustik cocok untuk dibawa saat camping atau kegiatan lain yang kemudian bisa dimainkan untuk memeriahkan suasana. Karena itulah banyak orang yang mencari toko atau orang yang jual gitar akustik murah.

Gitar Akustik Murah

Source: pixabay.com

Gitar akustik merupakan jenis gitar yang suaranya berasal dari getaran senar pada gitar yang dialirkan sehingga dapat membuat suara. Suara yang nantinya dihasilkan oleh gitar dipengaruhi oleh berbagai hal seperti bahan kayu dan senar yang digunakan. Gitar akustik sendiri dapat diklasifikan menjadi dua jenis berdasarkan senarnya, yaitu gitar folk yang menggunakan senar besi dan gitar klasik yang menggunakan senar nylon. Suara yang dihasilkan senar dari nylon tidak akan sekeras dan senyaring dari senar besi pada gitar akustik biasa.

Bagian-bagian pada gitar akustik ialah:

  1. Tuning machine yang digunakan untuk menyetem senar.
  2. Headstock merupakan bagian yang berfungsi untuk menahan senar gitar pada tuning machines.
  3. Nut merupakan pengatur tempat senar gitar agar tetap konsisten.
  4. Neck merupakan bagian leher gitar yang panjang dan difungsikan sebagai tempat fret board.
  5. Fingerboard merupakan papan panjang sebagai tempat pemasangan fret logam.
  6. Fret merupakan logam melintang lurus yang terletak sepanjang fingerboard.
  7. Strap pin ialah bagian yang digunakan untuk memasukan strap gitar.
  8. Strings ialah senar gitar.
  9. Badan gitar.
  10. Pick guard merupakan pelindung body gitar.
  11. Bridge yaitu penahan senar.
  12. End pin ialah bagian untuk memasukan strap gitar.
  13. Sound hole merupakan lubang yang berfungsi untuk kotak resonansi suara pada gitar akustik.

Apabila Anda mencari ke toko alat musik yang jual gitar akustik murah akan lebih baik untuk mengikuti tips berikut untuk mendapatkan gitar akustik dengan harga murah yang berkualitas. Ukuran harga murah bagi setiap orang berbeda sesuai dengan dana yang telah dipersiapkan untuk membeli gitar akustik. Harga gitar akustik berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu sesuaikan budget Anda dan kebutuhan gitar akustik. Apabila Anda ingin menjadi guitarist profesional maka lebih baik untuk memilih harga yang mahal sekalian akan tetapi bila hanya untuk belajar maka pilih harga yang menengah yaitu 500 ribu sampai 1 jutaan.

Kemudian pilih desain gitar akustik berdasarkan ukuran, model, dan warna yang diinginkan. Pemilihan ukuran gitar bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda memetik senar dan proporsi badan Anda sendiri. Sedangkan untuk model dan warna gitar akustik yang akan dibeli dapat dipilih sesuai selera masing-masing. Untuk kualitas gitar akustik yang akan dibeli perhatikan jenis kayu dari gitar tersebut karena akan berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Bahan kayu rosewood dan mahogany sudah cukup bagus untuk ukuran gitar harga menengah.

Lakukan survei dan perbandingan harga sebelum Anda ke toko yang jual gitar akustik murah. Cari tahu juga kisaran harga-harga gitar akustik yang dijual online dan bandingkan dengan toko offline yang telah di survei. Apabila harga jual di toko online lebih murah dengan spesifikasi sama maka tidak ada salahnya untuk membeli online. Akan tetapi ingat untuk selalu berhati-hati dalam bertransaksi sebelum membeli barang secara online.