Membuat Judul Tabel Terus Tampil Di Atas Pada Microsoft Excel

Kali ini saya sedikit berbagi tutorial dalam penggunaan microsoft excel. Ya sudah tentu ini merupakan tutorial yang saya pelajari gara – gara ada kerjaan di kantor, jadi tidak ada salahnya kalo saya tulis di blog. Sumber yang saya pelajari, ntahlah saya lupa bookmark. 🙂 maaf ya.

Membuat judul tabel terus tampil diatas, dari baca kalimat tersebut kalian pasti sudah pada tahu maksud dan tujuan tutorial kali ini. Jadi kita langsung praktek saja ya. Silahkan buka microsoft excelnya, yang warna ijo itu ya. yang ada labang Xnya. Ntah kenapa saya penasaran kenapa excel bisa X logonya, padahal yang lain ngambil huruf depannya kayak microsoft word pake “W” microsoft power point pakai “P”. Mungkin sebaiknya saya bertanya kepada Om Bill aja ya :v.

Saya pakai contoh, buat dulu datanya seperti pada gambar dibawah ini ya, kalo beda juga gapapa. Yang penting disesuain aja.

Judul Atas Excel

 

Cobak kalian scroll ke bawah, judulnya pasti ikut kebawah. Judul yang dimaksud itu yang ada background kuningnya itu. Nah sekarang caranya biar dia gak hilang ketika discroll kebawah yaitu dengan klik telebih dahulu, dibawah judulnya, seperti gambar dibawah ini.

Microsoft Excel

Ketika anda sudah melakukannya, silahkan pilih menu “View” lalu pilih “Freeze Panes” dan terakhir pilih yang paling atas yaitu “Freeze Panes“, kurang lebih seperti pada gambar dibawah ini.

View Microsoft Excel

Jika sudah melakukan step – step yang saya berikan diatas, seharusnya 99% bahkan 100%, judul dari tabel yang dibuat itu akan tetap terlihat walaupun scrollnya sampai jauh kebawah. Coba di testing apakah sudah berjalan? semoga sudah ya :).

Untuk mengembalikannya seperti semula, langkah – langkah sama seperti diatas, klik dahulu dibawah judulnya, pilih menu “View” pilih “Freeze Panes” dan pilih “Unfreeze Panes“. Untuk yang “Freeze Top Row” dan “Freeze First Column” bisa kalian cobak – cobak sendiri, apa sih itu fungsinya. Selamat mencoba ya 🙂

Sekian tutorial singkat saya kali ini, semoga bisa membantu. Oh iya biar gak lupa, saya disini menggunakan microsoft excel 2013.

  • andi Ahmadi

    Terima kasih. Sangat bagus tutorialnya

  • Rudi Celebes

    Terimkasih… Sangat membantu…akhirnya tahu… hehhe (y)

  • Arip Budiman

    thanks