Pilih Kacamata Atau Pilih Softlens?

Sebenarnya, softlens dan kacamata mempunyai fungsi yang sama yakni sebagai alat bantu penglihatan untuk orang yang mempunyai gangguan penglihatan contohnya seperti silinder, plus dan minus. Hal yang membedakan antara keduanya ialah perawatan dan penggunaan. Softlens atau lensa ini digunakan dengan memasangkan langsung di bola mata, tepatnya di bagian kornea mata. Untuk penggunaan kaca dengan menggantungkan di kedua telinga serta tulang hidung. Sebelum memutuskan memilih salah satu diantara keduanya, lebih baik Anda mengetahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing.

Kacamata

Untuk softlens ia memiliki kelebihan seperti jauh lebih nyaman. Karena dipergunakan di bagian dalam mata, tepatnya di permukaan kornea, Anda tidak akan merasa risih dengan tidak adanya benda asing di bagian wajah seperti penggunaan glasses ini. Selain itu pengguna akan menjadi lebih percaya diri. softlens sekarang ini tersedia dalam berbagai macam pilihan warna serta ukuran diameter sehingga akan memberi kesan yang lebih bulat dan indah. Anda yang menggunakan softlens juga akan lebih mudah beraktivitas.

Dibalik kelebihannya, ada beberapa kekurangan dari penggunaan softlens ini, berikut berbagai kekurangannya, antara lain:

  1. Memerlukan perawatan ekstra. Softlens memerlukan perawatan ekstra dan lebih sulit, apabila Anda salah dalam merawat atau pun membersihkannya, softlens dapat menjadi sarang berkembang kuman dan virus yang akan menganggu kesehatan mata,
  2. Bisa menyebabkan iritasi pada mata. Bila digunakan dalam waktu yang kurang tepat, softlens bukan lagi menjadi alat bantu penglihatan, namun ia bisa menjadi sumber gangguan mata yang lebih serius,
  3. Mempunyai resiko koyak di mata. Koyaknya softlens merupakan bahaya dari penggunaan softlens bila ia tidak digunakan secara tepat, contohnya seperti tidak dilepaskan saat tidur dan tidak menggunakan tetes mata khusus untuk softlens. Ketika tidur, softlens bisa berpindah di dalam mata dan bisa menyebabkan softlens koyak.

Bagaimana dengan kacamataApa saja kelebihan dan kekurangannya? Kelebihan alat bantu melihat ini seperti membuat wajah menjadi terlihat lebih berkarakter. Frame dari alat ini sekarang tersedia dalam berbagai dalam berbagai macam bentuk mulai dari kotak hingga bulat. Hal ini akan membantu untuk menciptakan kesan tegas serta karakter di wajah yang menggunakannya. Selain itu alat ini juga mudah dilepaskan dan digunakan. Salah satu kelebihannya daripada softlens memang lebih mudah dilepaskan dan digunakan. Saat Anda merasa lelah dan kurang nyaman Anda bisa langsung melepaskan.

Lantas, apa kekurangannya? Kekurangannya seperti kurang nyaman. Penggunaan alat ini bisa menimbulkan efek yang kurang nyaman untuk penggunanya. Hal ini disebabkan kaca yang mengganjal di hidung dan telinga bisa membuat Anda merasa seperti ada benda asing yang tertempel di wajah, selain itu ia juga mudah pecah. Kaca yang memiliki bahan kaca akan mudah pecah saat jatuh.

Namun jangan salah, menggunakan kacamata juga bisa membuat Anda tampil stylish. Berikut tips agar Anda tampil dengan stylish menggunakan alat bantu penglihatan ini, antara lain:

  1. Wajah kotak. Sesuaikan bentuk frame dengan wajah Anda. Untuk wajah kotak, ia biasanya mempunyai rahang yang tegas. Lebih baik, pilih ujung yang memiliki bentuk melengkung seperti aviator, bentuknya yang bundar bisa membuat rahang tegas menjadi lebih lembut,
  2. Wajah oval. Untuk Anda yang mempunyai wajah oval, wajah ini cocok untuk menggunakan frame jenis apapun karena mempunyai dahi yang simetris, namun bentuk kaca yang paling pas adalah eye cat, karena ia bisa membentuk wajah serta tulang pipi menjadi sempurna.