Manfaatkan Kamera Drone Secara Maksimal untuk Membantu Korban Bencana

Meningkatnya jumlah penghobi fotografi membuat produser kamera juga meningkatkan produksi kamera beserta aksesorisnya. Selain tripod kamera, ada aksesoris lain yang bisa membantu Anda para fotografer untuk mendapatkan gambar dengan lebih baik dan dari angle yang tidak bisa dilakukan dengan cara biasa. Aksesoris tersebut adalah sebuah drone yang dapat digunakan untuk membawa kamera berkeliling melalui media udara. Drone atau pesawat kecil dapat membawa kamera dan dikontrol dari bawah menggunakan sebuah remote control sehingga dapat dikendalikan arah dan tujuan terbangnya. Kamera Drone kini semakin banyak digunakan karena memiliki berbagai manfaat.

Dengan sebuah kamera yang bisa bergerak melalui udara, rasanya hampir tak ada angle yang tak bisa dikenai untuk menghasilkan foto maupun rekaman video yang diinginkan. Anda dari bawah bisa menggerakkan kamera ke atas, bawah, maju ataupun mundur hingga masuk ke lubang kecil untuk melakukan penelitian. Bentuk drone dan kamera yang kecil memungkinkan Anda untuk menggunakannya tanpa menarik perhatian. Hal inilah yang membuat drone dan kamera pernah dijadikan alat spy oleh badan intelligent ataupun militer di negara-negara maju. Bahkan bentuk drone dibuat semirip mungkin dengan hewan atau benda lain sehingga bisa masuk dengan leluasa untuk meneliti keadaan di sekitar.

kamera-drone

Selain penggunaannya untuk penelitian ataupun mata-mata, drone juga bisa memiliki fungsi lain untuk membantu sesama. Bayangkan drone berkamera melakukan pencarian korban gunung meletus atau mencari para korban banjir. Pastinya akan lebih mudah dilakukan daripada mengirim tim SAR ketika sedang terjadi banjir atau ketika gunung masih aktif menyemburkan laharnya. Penggunaan drone bisa menyingkat waktu pencarian namun mengurangi timbulnya korban lain karena tak perlu membawa awak untuk bisa melihat apa yang terjadi di sekitar lokasi bencana.

Memaksimalkan penggunaan kamera drone bukan sebatas untuk melakukan pencarian saja terhadap korban bencana, jika Anda sudah menemukan lokasinya, maka drone bisa kembali dan mengambil rekaman video tersebut. Selain itu drone juga bisa digunakan untuk mencari jalur aman bagi tim evakuasi untuk menemukan korban dan membawa mereka kembali. Jika jalur aman belum tersedia, Anda bisa mengirimkan drone bersama dengan obat, bahan makanan ringan untuk membantu para korban bencana yang terisolasi. Pastikan drone yang digunakan memiliki kekuatan yang memadai untuk membawa berbagai bahan yang diperlukan. Jika perlu gunakan beberapa drone untuk membawa beberapa perbekalan.

Manfaat drone inilah yang sering belum dimaksimalkan oleh masyarakat bahkan drone hanya digunakan sebagai alat mainan saja. Akan tetapi memang untuk pemanfaatan bala bantuan bencana, diperlukan sebuah drone yang kuat dan keahlian untuk mengendalikan yang baik dari kontrolernya. Jangan sampai sebelum ditemukan, kamera dan drone justru telah jatuh ditempat yang tak bisa dijangkau lagi sehingga mengakibatkan kerusakan. Jenis drone yang harus digunakan adalah drone yang kuat dengan bahan metal dan kuat dalam hal mencengkeram kamera juga bahan lain yang bisa digunakan untuk membantu korban.

Banyak sekali jenis drone yang dipasarkan baik di toko offline maupun toko online dari kisaran harga Rp. 350 ribu hingga puluhan juta rupiah. jika dilihat dari manfaatnya yang besar untuk membantu sesama, seharusnya pemerintah memiliki alokasi drone di berbagai titik SAR dengan kualitas drone yang baik. Anda yang memiliki drone sederhanapun bisa meningkatkan kemampuan kontrol jika ingin menjadikan  kamera drone Anda sebuah alat yang bisa membantu orang lain saat sedang kesusahan.