Kelemahan/ Kekurangan Belanja Online

Setelah sebelumnya saya sudah menulis tentang kenapa suka belanja online, sekarang saya akan berbagi sedikit kelemahan dari berbelanja online tersebut. Agar dari kekurangan tersebut anda bisa antisipasi agar belanja online berjalan lancar dan barang sampai dirumah tanpa embel – embel negatifnya.

Langsung aja tanpa panjang lebar dikarenakan saya juga bingung mau nulis apa lagi pada paragraf pembuka ini. Berikut beberapa kelemahan belanja online.

Belanja Online

Barang Sedikit Lama Sampai

Tentu barang akan lama sampainya, setahu saya paling cepet itu sehari dan tentu biaya kirimnya agak mahal dari yang reguler (3-4 hari). Kalo kalian butuh barang yang sekarang beli dan untuk dipakai sekarang juga. Saya sarankan jangan deh belanja online, nanti malah stress sendiri nunggu barangnya.

Belanja Online Rawan Penipuan

Yang ini mungkin salah satu alasan kenapa orang takut berbelanja online, namun hal ini dapat dicegah. Saya ada beberapa tipnya. Tapi bukan berarti 100% gak bakal tertipu ya. Ini cuma tips dari pengalaman aja. Dan saya juga sudah sempet menulis tips belanja online sebelumnya. Namun disini saya menambahkan lagi.

  • Belilah di toko online terpercaya, biasanya yang besar – besar seperti Lazada, Bhinneka itu sih gak bakal nipu.
  • Kalau beli diperorangan, cek dulu testimoninya. Tapi jangan 100% percaya ya, karena testimoni kadang bisa dibuat – buat.
  • Kalau bisa sih yang ada rekening bersamanya seperti tokopedia.

Sedetail – Detailnya Barang Belum Tentu Tahu

Walaupun terkadang di toko online menyediakan spesifikasi dari barang yang akan dibeli beserta gambarnya lengkap dari sisi kiri sampai belakang serta mungkin diedit seindah pemandangan pantai untuk menarik perhatian pembeli. Tetap saja kalau belum megang kita belum tentu tahu 100% bagaimana sebenarnya keadaan barang kita yang sebenarnya. Karena namanya barang gak mungkin bakal sama semua. Dari sekian produksi mungkin ada yang ini atau itunya cacat dan yang di foto kebetulan hasil produksi yang paling bagus. Nah disinilah sebenarnya juga kelemahan belanja online.

Bayarnya via Bank

Ini yang biasanya ngebuat anak kecil yang belum cukup umur gak bisa belanja online. Kalaupun bisa pasti harus diawasi sama orang tuanya. Itupun juga kalau ortunya mengijinkan :v. Ngenes sekali kamu nak. Tidur aja sana udah malem nih.

Nah begitulah sedikit yang bisa saya sampaikan, semoga bisa membantu permirsa sekalian supaya aman – aman saja saat bertransaksi online. Begitu juga yang jualan online semoga semakin ramai dagangannya :). Terimakasih.

 

  • Maretadss

    Biar g kecewa mending bandingkan dulu aja harga barang/jasa yang mau dibeli
    Nih tempat perbandingan harga yang cocok buat kamu yang suka belanja online -> http://iseekprice.com