Laptop Yang Tak Kira Rusak !

Sabtu kemarin saya gak update blog, yap tentu punya alasan, alasannya adalah laptop saya bermasalah ketika itu dan juga kebetulan saat itu ada rahina tumpek landep (hari suci agama Hindu) jadinya sedikit sibuk, yah walaupun gak sibuk amat, paling sibuknya cuci motor doang. Yang paling sibuk, paling Ibu sama Bapakku. Hehehe.

laptop rusak

Eh, ngomong – ngomong laptopnya kenapa ? Rusak ?

Laptopku gak rusak sih cuma dikira rusak, iya dikira rusak, habisnya pagi, pas dibawa kerja laptopnya dan dihidupin tapi touchpadnya gak mau berfungsi dan berimbas pada cursor yang tidak bergerak. Dengan rasa yang tidak dipenuhi rasa khawatir dan takut, aku restart laptopnya mungkin dia hang tadi (berfikir positif aja). Beberapa menit kemudian, eh kok laptopnya gelap ya ? (Pas itu belum panik tapi hampir panik) yah aku matiin paksa dan tak hidupin lagi. Wow apa yang terjadi ? Ternyata sama (Pas ini udah panik beneran). Aku matin paksa seperti yang tadi dan berencana masuk ke menu BIOS (belum tahu BIOS, tanyak ibumu :)). Sialan ternyata gak bisa masuk juga, aku lakuin itu berulang – ulang, berkali – kali (ngomong – ngomong waktu itu belum keluar keringet lo).

Karena udah capek ngelakuiinya berkali – kali dan berulang – ulang serta tidak mendapatkan titik terang alias laptonya tetep gelap aja. Dengan hati yang cukup senang karena harus ijin kerja tapi kecewa dan sedih berat tingkat tinggi karena temen seperjuangan kerja dan begadang sedang kritis dengan penyakit yang belum terdeteksi. Ibuk Bos ( istri dari Pak Bos, Pak Bosnya lagi keluar jadinya mintak ijin sama Ibuk Bos aja) pun mempersilahkanku dan merelakan waktu yang seharusnya aku bekerja kugunakan untuk membenahi laptop.

Sesampai dirumah tak hidupin lagi laptopnya, eh ternyata dan ternyata sama seperti dikantor tetap gelap. Aku perkirakan itu antara BIOS ataupun Motherboardnya yang rusak. Tapi aku males benerin laptop, bukan karna sok kaya ato sok punya uang, tapi ini kayaknya laptop udah tua, umurnya udah 5 tahun lebih (manusia 5 tahun masih muda ya, imut – imut lagi). Dulu juga pernah rusak harddisknya, mungkin lebih baik ganti yang baru daripada harus dibenerin.

Singkat cerita aja ya, laptop udah beli yaitu ASUS A450L untuk harga 7jt, lumayan ya kalo beli permen dapet berapa tuh. Nah walaupun udah ada laptop baru tapi gak rela aja sih kehilangan laptop lama, ow iya lupa kalo laptopku yang lama itu mereknya acer typenya 4732z. Yah aku hidup matiin aja terus ne laptop siapa tahu ntar hidup lagi, sambil nyobak – nyobak laptop baru yang kebetulan pakai windows 8 . Ini pertama kali ngerasaain windows 8 di laptop sendiri, hehe. Namun sampai malem menjelang laptop tetep gak hidup alias sama seperti sebelum – sebelumnya.

Setelah esoknya pas sambil nunggu nginstall – ngisntall program aplikasi di laptop (yang baru ) aku cobak hidupin lagi itu laptop, sekian kali ngidupin dan matiin lagi, sampai males matiin lagi tak biarin hidup aja siapa tahu ntar mau masuk windows (berpikir positif aja ), wuih ternyata laptop hidup coy setelah dibiarin hidup lama dengan layar hitam, tapi sayangnya touchpadnya gak mau hidup alias kalo diklik dan digeser – geser gak ada efeknya. Tapi itu bukan masalah besar berhubung ada mouse wireless, jadi tinggal dicolokin dan cursor dapat berjalan, seketika ku ambil harddisk ekternal dan ku backup semua data yang ada dilaptop tersebut sebelum dia sakit kembali alias rusak.

Ngopinya ternyata lumayan lama, gimana lagi datanya hampir 100 giga sob,pasnya di 20an giga kurang lagi 80 giga pas dah tu 100giga, bener gak ? Terasa panas, galau dan bingung ketika nunggu ngopy datanya dan terasa lega ketika datanya selesai dicopy, yes data terselamatkan.

Berhubung data sudah aman aku restart aja lagi latopnya, masih gak ya nunggu lama buat ngidupiinya ? Ternyata sama, lama juga. Tak restart lagi, eh sekarang gak lama lagi, udah kayak normal (dalam hati, woy laptoku udah bener ne). Tapi gak cukup sampai disitu aku restart lagi laptonya dan coba untuk masuk BIOS, wuih ternyata mau juga, restart lagi untuk masuk windowsnya. Dan dapat di ambil kesimpulan laptopku udah normal sekarang, bahkan sampai tulisan ini dutulis dia masih sehat.

Begitulah kejadiannya, laptop yang semula saya kira rusak ternyata tidak rusak, kemungkinan dia hang pas itu (kemungkinan), so gak rugi secara berkala ngidupin dan matiin terus menerus.