Pengertian search engine?

Pengertian search engine menjadi salah satu kata kunci yang sering dicari oleh para pengguna internet, khususnya ahli SEO. Biasanya mereka ingin memahami lebih dalam tentang mesin pencari. Tulisan ini berusaha menjelaskan apa itu search engine.

Pesatnya pertumbuhan teknologi saat ini mendorong semakin meningkatnya aktivitas di dunia internet. Dan hampir sebagian besar kebutuhan yang kita inginkan tersedia di sini.

Saat ini, intenet adalah ruang publik yang mempertemukan antara satu orang dengan orang lain, antara pengusaha dengan konsumen, bahkan antara publik figure dengan para penggemarnya. Begitulah wujud dari dunia internet ini yang telah membuat batas antara kehidupan nyata dan virtual (maya) menjadi semakin tipis.

Pengertian search engine

Namun, apakah kita pernah memikirkan tentang apa sebenarnya yang menjadi medium aktivitas Kita dalam dunia internet sehingga dapat menjadi penghubung antara satu orang dengan orang yang lain? Medium yang membuat kita saling terhubung ialah search engine atau mesin pencarian.

Melalui search engine, Kita dapat mengetahui beragam informasi dari belahan dunia manapun hanya dengan menyematkan kata kunci pada kolom pencarian. Baik informasi aktual maupun informasi ilmiah.

Selain itu, semakin meningkatnya pengguna internet ini menjadi lahan potensial bagi perekonomian kita, baik ekonomi skala makro maupun skala mikro. Kita akan sangat mudah menemukan beberapa website dari perusahaan-perusahaan besar lintas negara.

Tentu saja, pemanfaatan website tersebut tidak hanya sebagai cara untuk mengenalkan nama perusahaan semata, melainkan juga menjadi cara untuk memperluas jangkauan konsumen bagi dari negara asalnya maupun dari negara lain.

Karena alasan itu, penting kiranya kita untuk mengenal lebih dekat dengan platform search engine ini. Manfaatnya? Tentu saja beragam. Dengan mengenal suatu hal terlebih dahulu, kita dapat mengoptimalkan manfaat atau fungsi yang dimiliki oleh hal yang akan kita gunakan tersebut. Begitu juga dengan search engine.

Baca juga : Tempat beli Domain Promo

Pengertian Search Engine

Apa itu search engine? Search engine ialah sebuah mesin yang mengumpulkan dan menyusun data, konten, dan situs yang dihasilkan dari proses menjelajahi trilunan halaman dan data yang terdapat dalam seluruh bagian di internet atau World Wide Web (WWW).

Dari situlah kemudian setiap search engine akan membangun sebuah database yang berisikan mengenai alamat situs, konten, atau data yang disebut sebagai informasi. Susunan informasi itu akan tampil secara urut dalam halaman search engine berdasarkan pada kualitas dan relevansinya dengan kata kunci yang disematkan.

Baca juga : pengertian SEO

Selain itu, karena berbasis pada dunia intenet, dalam proses pencarian hanya dapat dilakukan bila anda terkoneksi dengan jaringan internet.

Misalnya bila kita sedang mencari sebuah produk yang ingin kita beli, maka pencarian tersebut dapat dilakukan dengan meletakkan kata kunci tertentu di dalam search engine. Kata kunci tersebut berisi susunan kata yang mengandung maksud/pesan dari informasi yang hendak Anda peroleh.

Setelah itu search engine akan menampilkan list informasi dari kata kunci yang Anda sematkan pada kolom pencarian. Hasil dari pencarian tersebut umumnya disebut sebagai search engine result page.

Hal ini dapat diilustrasikan sebagai berikut, ketika Anda ingin mencari sebuah sepatu baru, maka Anda tinggal menyematkan kata kunci, cari sepatu model baru, sepatu pria/wanita trendy, dan lain sebagainya. Dalam tempo beberapa detik, akan segera muncul sejumlah daftar informasi berkenaan dengan kata kunci itu di desktop atau layar smartphone Anda.

Jenis Search Engine

search engine sendiri memiliki banyak jenisnya. Di antaranya ialah Google, Bing, Yahoo, DuckDuckGo, Yandx, Baidu dan masih banyak lagi. Perbedaan di antara search engine ini tentu saja ditentukan oleh fitur yang mereka sediakan dan kualitas dari informasi atau konten yang mereka tampilkan. Selain itu, kemudahan bagi user untuk mengakses setiap informasi dalam masing-masing penyedia search engine ini menjadi faktor lain jumlah dari penggunanya.

Di era saat ini, salah satu search engine yang memiliki database paling besar dan banyak digunakan di dunia saat ini ialah Google.

Pada tahun 2019 saja, menurut Internetlivestats, tercatat ada 3,9 miliar aktivitas pencarian perhari yang dilakukan di Google. Inilah yang menjadikan Google sebagai search engine nomor satu di dunia.

Melesatnya Google dalam peringkat pertama di dunia internet tersebut utamanya diukur dari kualitas databasenya yang mampu memberikan informasi, terpercaya, sekaligus relevan di mata para penggunanya. Itulah yang menjadi tolak ukur dari kualitas yang dimiliki oleh search engine yang telah berdiri sejak tahun 1998.

Begitulah dunia internet dan hal-hal kompleks di dalamnya. Medium utama yang menghubungkan antara orang dalam dunia internet ialah search engine. Dari platform ini membuat aktivitas yang kita jalankan menjadi semakin dimudahkan. Terutama bagi dunia bisni. Search engine telah mendorong beragam sektor perekonomian untuk dapat berkembang. Karena itulah, dari kacamata bisnis, penggunaan platform ini menjadi peluang bagi efektivitas bisnis yang kita kelola. Karena itulah, Agar perusahaan Anda dapat dikenal oleh publik internet, maka opitamlisasi kualitas dari website Anda menjadi faktor yang paling mendasar.

Kesimpulan

Apa anda sudah memahami pengertian search engine? Saya harap anda sudah memahaminya. Bagi para praktisi SEO ini sangat bermanfaat karena tugas mereka adalah meyakinkan mesin pencari bahwa konten yang mereka buat sangat berkualitas. Tujuannya mesin pencari agar mesin pencari memberi peringkat terbaik.

Tags: