Tips Sederhana Buat Ngebantu Belajar Bahasa Asing

Yah kembali lagi saya ngeshare sedikit tips & trik yang tentunya bisa ngebantu sobat – sobat yang kesulitan. Tips kali ini adalah cara sederhana buat ngebantu belajar bahasa asing. Kita gunakan istilah umumnya bahasa asing aja ya, walaupun bahasa asing yang sobat ingin pelajari berbeda – beda, seperti bahasa inggris, bahasa jepang, bahasa korea, dll.

Tips – tips ini sebenernya berdasarkan pengalaman aja sih, kalo berkenan silahkan langsung dipraktekkan, kalo tidak juga gapapa siapa tahu sobat mungkin punya trik yang lebih jitu. Tips ini cuma buat ngebantu aja, bukan ngebuat kalian pinter bahasa asing ya.

Belajar Bahasa Asing

Hal – hal yang sering saya lakuin, sehingga saya bisa tahu sedikit atau ngebantu sedikit dalam pengetahuan saya dalam berbahasa asing.

Sering – Sering Dengar Lagu Luar

Denger lagu kadang ngebuat kita pengen ngafalin tuh lagu, secara tidak langsung sobat akan membaca lyricnya dan menyanyikannya. Sebenarnya dari situ sobat sudah dapet 2 buah ilmu.

Pertama sobat akan mulai untuk melafalkan lyric – lyric tersebut, sehingga akan mengasah mulut dalam berbicara dalam bahasa asing. Dan yang kedua sobat bakal tahu bagaimana tulisan dari kata – kata yang terdapat pada lyric lagu tersebut.

Ubah Pengaturan Apapun Dalam Bahasa Asing

Apapun yang saya maksud ini misalnya seperti media sosial, saya saranin lebih baik jangan menggunakan bahasa Indonesia, kenapa? bukannya saya gak seneng sama bahasa Indonesia ataupun gak mau melestarikan bahasa Indonesia. Toh juga bahasa Indonesia sangat sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari, tidak ada salahnya mengubah pengaturan bahasa media sosial sobat dengan bahasa asing. Supaya lebih terbiasa aja. Ini cukup membantu kok.

Semisalnya saat melakukan sesuatu dan sobat tidak mengerti apa yang dimaksud, secara tidak langsung sobat bakal mentranslate kata/ teks tersebut di google translate atau translator lainnya. Jadi sambil bermedia sosial sobat bisa sekalian belajar, walaupun presentase belajarnya kecil, daripada tidak sama sekali.

Namun selain media sosial, ada juga beberapa settingan yang bisa kalian ubah seperti smartphone, game, dll.

Nonton Film Asing

Ini tips yang terakhir dari saya, dengan cara menonton film asing, usahakan filmnya yang ada subtitlenya ya, biar sambil dengerin bisa tahu bagaimana tulisannya serta biar ngerti juga filmnya :v. Kalo gak ada subtitlenya gimana men bilangnya ya, udah gak ngerti 100% bahasanya, ada kata – kata yang baru gak tahu tulisannya dan pada akhirnya malah gak ngerti alur ceritanya bagaimana. Film asing tanpa subtitle itu lebih baik untuk orang yang minimal sudah tahu banyak kata –  kata bahasa asing dan baik dalam mendengarkannya.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat jika ada kesalahan mohon maaf ya karna saya juga manusia tanpa embel serigalanya :v.