Tips Memberi Susu Terbaik di Indonesia Pada Buah Hati

Pada dasarnya air susu ibu merupakan makanan terbaik yang bisa diberikan pada anak dalam 6 bulan kehidupan pertamanya. Menyusui merupakan cara yang paling alami untuk memberikan asupan makanan pada bayi. ASI mempunyai komposisi serta suhu yang sangat tepat. Dengan menyusui, Anda bisa dengan bebas mendekatkan diri dengan buah hati Anda. Selain itu ASI sangat mudah dan murah. Namun, beberapa wanita tidak cukup memberi ASI, mereka tidak memiliki waktu karena harus bekerja, memiliki masalah kesehatan atau pun kendala yang lainnya. Jika Anda masuk kedalam kelompok tersebut, ada beberapa tips untuk memberi susu terbaik di Indonesia ini.

Memberi Susu Terbaik

Pertama, perhatikan ketika memberi susu. Miringkan botol sedikit sehingga ujung dari dot penuh dengan susu, bukan penuh dengan udara. Anda bisa melihat gelembung-gelembung di botol ketika bayi menghisap. Dia mungkin menghisap dengan kuat dan kemudian beristirahat. Istirahat ini memberinya waktu merasakan apakah ia sudah merasakan kenyang atau belum. Bila Anda mendengar suara bising ketika bayi minum, hal ini bisa disebabkan karena banyak udara di dalam botol. Anda dapat memeriksa apakah dot telah terpasang dengan kencang dan dengan posisi yang pas.

Kedua, beri susu formula seperti memberi ASI. Terutama saat bayi berusia dibawah 6 bulan, pemberian susu formula lebih baik seperti memberi ASI yakni dengan cara menggendongnya. Selalu jaga kontak mata serta kontak kulit Anda kemudian mulai berbicara dengannya. Kedekatan ini merupakan makanan batin yang begitu diperlukan untuk perkembangannya. Jadi, bukan berarti karena Anda tidak memberikan ASI, Anda tidak bisa menjalin kedekatan dengannya.

Terakhir, hindari menjadwalkan pemberian susu balita yang Anda pilih, nafsu makan yang dimiliki bayi sangat bervariasi dari waktu ke waktu, oleh sebab itu biarkan ia mengatur waktu makannya sendiri. Pasti bayi akan meminta susu sesering yang ia butuhkan selama Anda menanggapi dan memahami isyaratnya. Saat bayi baru lahir, ia akan mengkonsumsi susu dalam jumlah sedikit namun sangat sering, dan saat beranjak dewasa, ia akan mengkonsumsi susu dengan jumlah banyak namun lebih jarang.

Itulah beberapa tips memberikan susu pada buah hati Anda. Semoga bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih.