Tips Sablon Kaos Custom dengan Hasil Maksimal

Tidak semua orang ingin kaosnya disablon dengan desain buatan penyedia jasa sablon kaos. Banyak di antaranya yang ingin membuat desain gambar atau tulisannya sendiri untuk disablon pada kaos yang mereka pilih.

Jika Anda termasuk salah satunya, perhatikanlah poin-poin yang dijelaskan berikut ini terkait tips mensablon kaos custom agar hasil sablonan desain Anda pada kaos tetap bagus dan tidak kabur.

Tips Sablon Custom

Konsultasi dengan penyedia jasa sablon kaos

Layanan konsultasi yang ditawarkan oleh penyedia jasa sablon kaos sebaiknya Anda manfaatkan dengan baik. Dengan adanya layanan ini, Anda dapat memperoleh informasi secara mendetail tentang sablon kaos dan apabila ada sesuatu yang tidak Anda pahami, Anda dapat menanyakannya langsung pada ahlinya.

Sebelum melakukan sablon kaos custom, Anda dapat memperlihatkan hasil desain gambar atau tulisan yang telah Anda buat pada penyedia jasa sablon kaos custom agar ia dapat memeriksanya. Tanyakan padanya tentang kualitas desain yang telah Anda buat. Jika menurutnya kurang baik, maka Anda dapat meminta bantuannya untuk membuatkan desain atau memperbaiki desain Anda agar hasilnya maksimal.

Pastikan desain Anda tidak pecah saat diperbesar

Resolusi gambar sangat berpengaruh terhadap hasil sablon kaos. Apabila desain gambar atau tulisan yang Anda buat memiliki kualitas yang buruk, maka bukan tidak mungkin hasil sablonan desain Anda pada kaos akan buruk saat diperbesar untuk disesuaikan dengan ukuran kaos.

Untuk menghindari hal tersebut, Anda perlu memeriksa resolusi desain gambar atau tulisan yang Anda buat. Pemeriksaan ini dapat Anda lakukan secara mandiri, yaitu dengan memperbesar (zoom in) dan memperkecil (zoom out) desain. Jika hasil keduanya baik, maka desain tersebut dapat dikatakan layak untuk Anda kirimkan pada penyedia jasa sablon kaos custom. Namun jika Anda malas atau tidak memiliki waktu untuk membuat atau memeriksa hasil desain Anda sendiri, Anda dapat meminta penyedia jasa sablon kaos untuk melakukannya. Hanya saja, Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk pembuatan desainnya.

Tentukan di mana desain Anda disablon

Letak pensablonan desain juga perlu Anda diskusikan dengan penyedia jasa sablon kaos di awal pemesanan. Jangan sampai kesalahan Anda terkait letak pensablonan desain menjadi alasan bagi Anda untuk menyalahkan penyedia jasa sablonnya, karena jelas-jelas Anda tidak mengkomunikasikannya terlebih dahulu dengan penyedia jasa sablon tersebut. Sebagai konsumen, Anda juga perlu teliti.

Besar kecilnya ukuran desain juga perlu Anda bicarakan dengan penyedia jasa sablon kaos sebelum proses pensablonan dimulai. Jika ukuran desain tidak sesuai dengan keinginan, Anda sendiri yang akan merasa rugi.

Pilih bahan yang berkualitas

Anda boleh memilih bahan yang telah disediakan oleh penyedia jasa sablon kaos jika memang ada yang cocok dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Namun, jika Anda ingin menggunakan bahan lain, sebaiknya Anda diskusikan hal tersebut terlebih dahulu dengan tim pensablon kaos. Karena banyaknya jenis sablon, anda juga perlu memahami mengenai jenis-jenis tersebut.

Mintalah kepada mereka untuk dicarikan bahan dan warna yang sesuai dengan yang Anda butuhkan agar hasil akhirnya maksimal. Biasanya, penyedia jasa sablon kaos yang sudah profesional akan melayani permintaan semacam itu sebagai bukti keseriusannya dalam melayani para konsumen. Pastikan Anda memilih bahan yang berkualitas agar hasil sablonannya awet.

Hindari pemesanan dadakan

Pesanan yang dilakukan secara dadakan dan pemberian waktu yang sangat terbatas pada penyedia jasa sablon kaos tentu akan memaksa mereka untuk bekerja lebih keras. Pekerjaan yang dilakukan secara terburu-buru dapat menimbulkan resiko terjadinya kesalahan dalam proses produksi, misalkan karena terlewatinya satu bagian proses produksi secara tidak sengaja. Hal ini dapat mengurangi kualitas hasil akhir sablonan. Meskipun penyedia jasa sablon menyanggupi permintaan Anda, alangkah baiknya Anda pertimbangkan kembali keputusan Anda. Tanyakan dulu standarisasi pensablonan desain pada kaos, kemudian ikuti sarannya agar hasil yang Anda peroleh dapat maksimal.

Dengan adanya penjelasan di atas, penulis harap Anda dapat memahami tips mensablon kaos custom dengan baik agar hasilnya maksimal dan sesuai harapan. Semoga tulisan ini membawa banyak manfaat. Tetaplah menjadi konsumen yang bijak, teliti dan kritis.

Tags: