Waspadalah ! Penyebab Kanker Rahim

Salah satu penyakit yang paling banyak ditakuti oleh kaum wanita merupakan kanker rahim. Apabila Anda tahu penyebab kanker rahim, tentu Anda bisa menghindari resiko terjangkit penyakit kanker ganas ini. Apa saja penyebab kanker rahim?, kita perhatikan beberapa hal berikut, akan tetapi sebelumnya, perlu untuk ketahui bahwa penyebab utama terjadinya kanker rahim adalah perubahan genetika atau mutasi sel yang sehat menjadi sel yang tidak normal. Kemudian, keberadaan Human Papiloma Virus (HPV) diketahui sebagai salah satu penyebab lain kanker rahim yang penyebaran penyakitnya 30 kali lebih cepat.

Penyebab Kanker Rahim

Perlu di ketahui bahwa keberadaan HPV 16, 18 dan 31 berpotensi meningkatkan kanker rahim. Dapat disimpulkan berdasarkan pada lesi infeksi akibat kedua virus tersebut yang memperlihatkan adanya aneuploidi dan bersifat kanker. Salah satu penyebab kanker rahim juga bisa terjadi karena pencemaran bahan kimia  atau radiasi. Timbulnya kanker rahim karena radiasi sangat sedikit sekali terjadi. Bahkan pemicu kanker Rahim bisa disebabkan oleh sperma pria yang mengandung protein. Hal ini karena, kepala sperma yang mengandung protein dasar bisa menyebabkan pertumbuhan sel dalam rahim terganggu, apabila bersatu dengan leher rahim. Maka tidak heran, hubungan seksual dapat menjadi salah satu cara terciptanya kanker rahim, terutama jika ini bersamaan dengan infeksi HPV.

Beberapa penyakit seksual menular seperti klamida, herpes, gardnella vaginosis,  dan kondilamo akuminata merupakan penyakit yang memperbesar resiko timbulnya jaringan abnormal dengan melukai atau menginfeksi dinding rahim. Keadaan ini akan bertambah parah apabila wanita tersebut merupakan perokok, karena nikotin dapat mempermudah masuknya virus. Atau sakit saat menstruasi bisa jadi gejala kanker Rahim. Penyebab kanker rahim bisa terjadi karena trauma kronis pada rahim akibat proses persalinan. Selain itu infeksi pada Rahim yang berlangsung cukup lama juga bisa menyebabkan penyakit ini muncul. Wanita yang memiliki defisiensi gizi juga berpotensi mengalami penyakit ini.

Waspadalah terhadap beberapa penyebab kanker rahim yang disebutkan. Perlu diingat kanker rahim juga sama seperti jenis kanker lainnya yang dapat menyebar kepada organ tubuh manusia melalui pembuluh getah bening, pembuluh darah,  dan jaringan sekitar lokasi terbentuknya kanker. Setelah tahu begitu banyak penyebab kanker rahim, cobalah untuk menghindari sejak dini.