WordPress Menjadi Blank Putih?

WordPress Menjadi Blank Putih? Yap Sejak kemarin tanggal 30 Mei 2015, blog wordpress saya ini blank berwarna putih. Pertama, itu saya kira server dari dewaweb down. Cek email gak ada pemberitahuan dari dewaweb. Mungkin ada kenapa – kenapa dan ada apa – apa sama server Dewaweb. Begitulah celetuk dalam pikirannku di hari sabtu itu. Gak terlalu ambil pusing sih dikarenakan kebetulan lagi libur, internet modem sekencang jalannya siput. Udahlah besok mungkin akan kembali normal nih blog, kata orang positif thingking aja :).

Esok harinya tepatnya yaitu hari ini, blog saya tetap blank dengan nampilin warna putih aja. Tak cek jumlah kunjungannya, waduh udah siang gini kok dikit sekali, sialan nih. Cuss tanya customer servicenya dewaweb. Respondnya cepet, cuma solusinya belum ketemu. Iseng cari referensi di google. Eh ketemu, malah bejibun alias banyak sekali yang memberikan solusinya. Ternyata hal – hal yang bisa menyebabkan blog wordpress menjadi blank putih adalah sebagai berikut:Wordpress Menjadi Blank Putih

Theme dari WordPressnya Bermasalah

Untuk error themenya biasanya kalian masih bisa login ke dalam dashboardnya. Silahkan dicoba dulu ganti themenya siapa tahu ntar blog/ websitenya bisa kembali normal. Saya sempat mencobanya/ testing dengan mengganti nama folder theme yang saya gunakan, blog wordpress menjadi blank putih akan tetapi masih bisa login ke menu dashboard. Saat bisa login ini saya ganti dengan theme wordpress yang lainnya dan hasilnya, blog bisa berjalan dengan normal kembali. Jadi tips dari saya seberapapun hebatnya theme wordpress anda, tetap sediakan satu theme defaultnya, siapa tahu terjadi hal – hal yang diluar keinginan kita, seperti kasus ini yaitu wordpress menjadi blank putih. Nanti kan tinggal ganti theme aja, gak usah ribet upload atau download lagi.

WordPress Plugin Yang di Install Error

Wordpress Plugin

Nah ini adalah kejadian yang saya alami. WordPress menjadi blank putih dan ternyata baru di cek eh ternyata pluginnya yang bermasalah. Gimana cara saya ngecek? Saya cek satu – satu dengan mengganti nama folder pluginnya di wp-content>plugins sehingga ketika diganti namanya pluginnya, plugin tersebut menjadi tidak aktif/ tidak digunakan. Kita cek setelah nama folder plugin tersebut diganti, apakah masih wordpress menjadi blank putih? Jika masih berarti bukan plugin itu yang error, dan seterusnya sampai ketemu yang error.

Kenapa saya cek satu – satu lewat folder tempat file wordpressnya diupload? sebab login ke menu dashboadrnya gak bisa, munculnya cuma putih. Kalau kulit putih sih enak, kalau website putih ya pusing. Pusing gak?

Setelah ketemu plugin yang error silahkan dihapus atau diapakanlah terserah kalian plugin wordpress tersebut, yang penting udah gak aktif lagi. Nah kalau saya sih yang error plugin wp-time-machine-nya, saya segera hapus dan juga saya delete melalui menu dashboardnya.

Nah udah pada bisa mengatasi ketika wordpress menjadi blank putih kan? silahkan dipraktekkan jika mengalami masalah yang sama. Semoga websitenya bisa lancar ya. Jika ternyata wordpress anda masih menjadi blank putih alias masalahnya tidak terselesaikan silahkan googling ya atau di coba install di lokal area blog wordpressnya untuk testing, karena saya juga tentunya tidak tahu masalah tersebut. Siapa tahu kena hacking, kan siapa tahu. Semoga saja tidak.

Semoga tulisan ini membantu ya. Jika ada salah tulis, mohon maaf dan terimakasih.

  • Wah, kalo aku belum pernah ngalamin sih. Tapi infonya mantap gan, bisa banget nih kalau punya masalah yang sama. Harus siapin theme cadangan nih……

    • sama – sama bro..
      theme defaultnya di biarin aja jangan dihapus ūüôā