Perbedaan dan Pengertian LLG dan RTGS

Ini sebenarnya sudah kejadian cukup lama, saya membeli sebuah ebook dimana transfernya ke bank yang berbeda, sellernya BNI kalo gk salah dan saya menggunakan BCA. Dalam transfer  mentransfer uang, saya lebih sering menggunakan fasilitas internet banking dari BCA (yang klikbca itu lo) dan biasanya tranfer antar BCA. Situasi mentranfer uang dengan beda bank, ini merupakan pertama kalinya. Jadi ketika ada pilihan LLG dan RTGS, saya bingung mendadak, kok dulu  gak pernah rasanya liat yang beginian *garuk – garuk pantat…

Karena pengen cepet – cepet transfer, seketika buka perputakaan online dunia, siapa lagi kalo bukan google, googling deh dan akhirnya dapet beberapa informasi.

LLG RTGS BCA

LLG itu adalah singkatan dari Lalu Lintas Giro, yang merupakan layanan transfer antar bank dengan menggunakan fasilitas kliring. Kiliring ini saya belum begitu paham juga artinya, tetapi menurut Wikipedia kliring adalah suatu istilah dalam dunia perbankan dan keuangan menunjukkan suatu aktivitas yang berjalan sejak saat terjadinya kesepakatan untuk suatu transaksi hingga selesainya pelaksanaan kesepakatan tersebut.

Biasanya butuh beberapa hari/ waktu yang lama untuk pengiriman LLG ini. Kesimpulannya kalo pake ini, uangnya gak nyampek sekarang. Mungkin besok, lusa atau kapanlah…

RTGS itu adalah singkatan dari Real Time Gross Settlement, yaitu layanan transfer antar bank secara real time, jadi uang yang dikirim bakal langsung masuk ke rekening penerima uang tersebut. Kesimpulannya ngirim sekarang, uangnya langsung diterima sekarang. Gitu deh, kurang lebih..

Untuk LLG sih katanya kena biaya Rp.5.000 sedangkan RTGS Rp. 20.000, kalo pas saya transfer menggunakan RTGS kenanya Rp. 20.000 sih, Untuk LLG belum tahu, karna belum pernah nyobak, tp kemungkinan masih Rp. 5.000 dan mudah – mudahan tidak naik aja.

Intinya kalo kalian mau mengirim uang santai dalam artian uangnya yang penting sampai mau itu besok, lusa mending pakai LLG biar hemat biaya, lumayan hemat Rp. 15.000 kan… Nah kalo buat kalian yang pengen ngirimnya harus sampai sekarang karna penerimanya gak mau terima besok, atau malah ribet karna terlalu lama sampainya, mending pakai RTGS saja, tapi dan tapi ada resikonya yaitu biayanya lebih mahal.

Sekian artikelnya ya, jika ada yang salah – salah mohon dimaafkan ya, cuma sekedar berbagi… 🙂